Menu Close

Menggali Hikmah Di Balik Gagal Berangkat Haji

Ketentuan ini menjadi dasar penghormatan dasar untuk memperkuat persatuan dan persaudaraan. Berdasarkan nilai Ketuhanan yang Maha Esa, maka negara hukum Pancasila melarang kebebasan untuk tidak beragama, kebebasan anti agama, menghina ajaran agama atau kitab-kitab yang menjadi sumber kepercayaan agama ataupun mengotori nama Tuhan. Elemen inilah yang menunjukkan salah satu elemen yang menandakan perbedaan pokok antara negara hukum Indonesia dengan hukum Barat.

Sebagian staf memilih tidak work from home biar bisa mengerjakan sesuatu dan berbagi untuk lingkungannya. Ada yang dibalik layar terus mengembangkan aplikasi dan menjaga server supaya terus memberikan layanan kepada masyarakat. Banyak pihak yang terus menyuarakan kebaikan dan menginspirasi pihak lain untuk terus berbuat kebaikan daripada sibuk berpolemik dan berdebat. Berdasarkan manfaat dan tujuan wakaf yang sudah disebutkan di atas, tentunya dengan berwakaf kita bisa memberikan kesejahteraan bagi banyak pihak, seperti keluarga, orang sekitar, dan diri sendiri. “Jangan terlalu khawatir berlebihan dan jangan pula terlalu cuek, mencoba untuk tetap tenang dan mengikuti semua arahan dari pemerintah adalah suatu hal yang patut dilakukan.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Saya hanya membatasi untuk lima pekerjaan yang saya lakukan setiap harinya, dari mulai urusan pekerjaan dan urusan rumah tangga. Hal ini sengaja saya lakukan supaya saya tetap bisa profesional dan tetap bisa fokus untuk keduanya. Kita yang ahirnya harus mengerjakan segala sesuatu dari rumah dan membuat pola kerja yang baru. Namun sebagian dari kita harus bekerja melebihi batas waktu dan harus berada diluar menjadi garda terdepan penanggulangan Covid-19.

Menurut Sunaryati Hartono, agar supaya tercipta suatu negara hukum yang membawa keadilan bagi seluruh rakyat yang bersangkutan, penegakan the rule of regulation itu harus diartikan dalam artinya yang materiil. Suatu negara hukum terdapat pembatasan kekuasaan negara terhadap perseorangan. Inilah apa yang oleh ahli hukum Inggris dikenal sebagai rule of law. Konsep negara hukum Pancasila tidak bisa lepas dari konsep rechsstaat. Hal ini nampak dari pemikiran Soepomo ketika menulis Penjelasan UUD 1945. Negara hukum dipahami sebagai konsep Barat, sampai pada kesimpulan bahwa negara hukum adalah konsep fashionable yang tidak tumbuh dari dalam masyarakat Indonesia sendiri.

Sebagai seorang pendidik kita dipaksa untuk “tidak egois”, perlu memperhatikan juga dari sisi siswa pembelajarnya. Aspek-aspek yang berkaitan dengan sisi teknis seperti penyediaan infrastrukur jaringan serta kuota web yang murah mungkin memerlukan peran dan tugas pemerintah. Tetapi, aspek-aspek untuk menciptakan “interesting” dan “engagement” siswa terhadap pembelajaran daring mungkin menjadi tugas dan tantangan kita sebagai pendidik. “Masa adaptasi” pembelajaran daring selama 3-4 minggu ini telah membuat kita lebih “bijak” dan paham akan pentingnya pengalaman psikologis siswa dalam pembelajaran daring.

Dalam pandangan Soepomo, ada dua cara pandang dalam melihat hubungan masyarakat, yaitu; pertama, cara pandang individualistik atau asas perseorangan, di mana perseorangan lebih diutamakan dibandingkan dengan organisasi atau masyarakat. Kedua, cara pandang integralistik atau asas kekeluargaan, dimana masyarakat diutamakan dibandingkan dengan perseorangan. Dari kedua konsep ini, Indonesia cenderung lebih sesuai dengan yang kedua, yaitu konsep integralistik.

Menteri Tjahjo menerangkan, pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pembangunan tentu harus melibatkan berbagai stakeholders. Untuk itu, seorang pemimpin visioner adalah sosok yang selalu menghargai setiap peran dalam organisasi. Selalu bertanggung jawab dan memiliki kepekaan yang tinggi pun menjadi karakter yang sejatinya dimiliki oleh pemimpin visioner.

Asas kesatuan dan persatuan selaras dengan kenyataan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman. Semangat persatuan Indonesia menentang segala bentuk separatisme dan memberikan tempat pada kemajemukan. Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, mengandung pemahaman hukum bahwa setiap warga Indonesia lebih mengutamakan prinsip manusia yang beradab dalam lingkup nilai keadilan.

Seorang pemimpin harus terus-menerus mengembangkan kapasitas pengetahuannya serta pemahaman mengenai teknologi informasi, isu-isu strategis, dan kecenderungan yang kemungkinan terjadi dimasa mendatang baik dalam lingkup lokal, regional, maupun global. Sampai saat ini, vaksinasi tengah dilakukan di lebih dari 190 negara. Meski demikian, masing-masing negara memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam penanganan Covid-19. Brazil menjadi salah satu negara terburuk dalam penanganan Covid-19. Dilaporkan, ada sekitar tiga ribu pasien Covid-19 meninggal per harinya.

Maka dengan itu, kita dapat mengambil hikmahnya dari adanya virus Corona ini. Dalam pandangan Bagir Manan, kekuasaan kehakiman di Indonesia memiliki beberapa karakter yang harus dipahami oleh hakim sehingga dapat mewujudkan nilai keadilan sosial. Peradilan berfungsi menerapkan hukum, menegakkan hukum dan menegakkan keadilan berdasarkan Pancasila.