Menu Close

Hikmah Isra Miraj Nabi Besar Muhammad Saw

Nilai-nilai Pancasila bersifat universal, sehingga harus diinternalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk pembangunan hukum. Dalam kaitannya dengan pembangunan, hukum mempunyai fungsi sebagai pemelihara ketertiban dan keamanan, sarana pembangunan, penegak keadilan dan pendidikan masyarakat. Pendakwah bernama lengkap Dedeh Rosidah Syarifudin atau yang lebih dikenal dengan Mama Dedeh mengajak peserta mengambil hikmah dari musibah pandemi Covid-19 yang berujung adanya penggalakan protokol kesehatan. Kebijakan ini diambil sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 yang terus meningkat. Poin dalam PPKM Darurat adalah tetap sama yaitu meminta masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan. Pendidikan yang efektif, lanjutnya, membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga hal, guru, siswa, dan orang tua. [newline]“Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi,” imbuhnya.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Boleh dibilang, di tahun 2020, semua orang menghadapi masa sulit, bahkan ada yang masih terasa dampaknya hingga saat ini. Tak ada yang tahu sampai kapan kita atau orang-orang di sekitar kita akan hidup. Untuk itu, pandemi ini jadi pengingat kita semua supaya mempergunakan waktu dengan bijaksana, dan memotivasi kita agar memanfaatkan waktu yang ada demi mengejar mimpi yang selama ini mungkin masih sering kita tunda.

Rutinitas pergi ke kantor dengan intensitas pekerjaan yang cukup tinggi, sampai tidak mengenal tanggal merah, di alihkan menjadi bekerja dari rumah. Psikologi menunjukkan bahwa orang lebih terbuka terhadap perubahan kebiasaan pada saat pergolakan, sehingga penguncian COVID-19 adalah jendela yang baik untuk melakukan perubahan gaya hidup. Baik itu mengejar karir baru, pindah ke pedesaan atau fokus pada keluarga Anda, sekaranglah saatnya untuk melakukan itu. Kiranya perlu menjadi renungan kita semua bahwa mengapa bangsa lain lebih maju dari bangsa kita? Marilah kita mulai perbaiki diri kita untuk menjadi lebih baik lagi, karena sebaik-baiknya diri adalah yang hari ini jauh lebih baik dari hari kemarin.

Tapi ia terus saja menggergaji, tanpa berhenti, tanpa hasil, dan tanpa menyadari bahwa gergajinya telah tumpul. Jika saja ia mengambil waktu untuk mengasah gergajinya, tentunya ia akan lebih mudah dan cepat menebang pohon yang sedang ia gergaji. Mengasah gergaji adalah tentang liburan, melakukan hal-hal menyenangkan, mengerjakan hobi, dan semua hal yang membantu kita mendapatkan kesegaran dan semangat baru dalam melakukan pekerjaan rutin kita.

Dalam pandangan Mochtar Kusumaatmadja, nilai kesatuan dan persatuan mengamanatkan bahwa hukum Indonesia harus merupakan hukum nasional yang berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia. Pidato Soekarno tersebut merupakan rangkuman pernyataan dan pendapat dari para anggota BPUPKI dalam pemandangan umum mengenai dasar negara. Para anggota BPUPKI berpendapat pentingnya dasar Ketuhanan ini menjadi dasar negara. Pendapat ini menunjukkan negara hukum Indonesia berbeda dengan konsep negara hukum Barat yang menganut hak asasi dan kebebasan untuk ber-Tuhan.

Gravitasi juga membentuk pola garis edar masing-masing benda langit termasuk garis edar bumi, bulan dan matahari untuk waktu-waktu tertentu. Hikmah pertama dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah terhindar dari segala jenis penyakit yang terkandung pada makanan haram. Makanan haram sendiri bukan tanpa alasan diharamkan untuk dikonsumsi dalam agama islam. Jika dilihat dari sisi medis, makanan dan minuman yang diharamkan memiliki efek samping atau penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia. Walaupun pendidikan di Indonesia ikut terdampak adanya pandemi covid-19 ini, namun dibalik semua itu terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil.

Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila memiliki daya tahan dan kemampuan untuk mengantisipasi perkembangan zaman. Nilai-nilai yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 merupakan wujud cita hukum Indonesia, yaitu Pancasila. Negara hukum Pancasila mengandung sifat kolektif, private dan religius. Implementasi dari sifat tersebut adalah keseimbangan, keselarasan, harmonis. Hukum negara merupakan nilai kemanusiaan agar harkat dan martabatnya terjaga dan hukum negara harus disesuaikan apabila mengganggu keselarasan kehidupan bersama.