Menu Close

7 Sikap Yang Diperlukan Seorang Pelaku Wirausaha Untuk Mencapai Kesuksesan

Ulasan tersebut dikutip Media Blitar dari saluran YouTube Al-Bahjah TV pada Rabu, 1 September 2021. Melakukan segala hal untuk mencapai kesuksesan tanpa mengingat siapapun seolah berusaha dengan kemampuan sendiri. Hal tersebut dapat membuat seseorang sombong dan susah dalam mencapai kesuksesan. Berikut ulasan dari Buya Yahya mengenai kemudahan dalam meraih kesuksesan dalam mencapai impian. Mintalah saran tentang apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan.

Mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis

Siapa yang tidak tergiur dengan kesuksesan finansial yang berasal dari membangun bisnis sendiri? Bukan hanya finansial yang oke, berwirausaha juga memberikan fleksibilitas jam kerja. Belum lagi kenikmatan lain yang bisa diperoleh dari bisnis pribadi. Perlu mengetahui terlebih dahulu tentang halal haramnya suatu produk atau jasa yang akan dijual. Jika memiliki tekad yang kuat, maka akan mampu menghadapi segala rintangan. Jadi, lakukan langkah-langkah memulai usha tersebut dengan tertib dan berhati-hati, dan jangan lupa lakukan evaluasi.

Ketika sudah mengetahui pasar yang tepat, jangan lupa untuk tetap terbuka menerima kritik dan saran untuk mengembangkan kualitas produk atau jasamu menjadi lebih baik. Sebagai seorang pemimpin memang sudah sewajarnya untuk selalu mengatur segalanya namun hindarilah mendominasi dalam pekerjaan. Seorang pemimpin tidak akan menjadi pemimpin sukses apabila ingin melakukan semuanya sendiri atau hanya mau mendapatkan semua pengakuan atas tindakannya tersebut. Seorang pemimpin visioner tentu tidak akan pernah berhenti dengan upaya pertama mereka. Selain itu juga jangan malu saat ingin menyampaikan ide serta menerima masukan dari bawahan Anda. Selalu berupaya agar bisa melakukan pendekatan-pendekatan pada tim Anda secara personal namun tahu batasnya sehingga Anda dapat mengenal tim Anda dengan baik.

Namun untuk menjadi pengusaha muda atau sukses di usia muda tersebut, Anda harus memiliki sebuah pengorbanan dan ketekunan yang kuat. Saat memulai suatu bisnis, tentunya banyak keputusan yang harus diambil. Banyak dari pengusaha merasa takut untuk membuat keputusan apabila perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan. Keberanian mengambil risiko inilah yang juga harus dimiliki seorang pengusaha ketika menjalankan suatu bisnis. Sikap ini pula yang akan menentukan bisnis kita, apakah akan maju dan berkembang atau hanya stagnan dan tidak mengalami kemajuan dan perkembangan atau bahkan mengalami kebangkrutan. Contoh sederhana saja, kita harus berani untuk untuk membuat inovasi atau strategi strategi yang baru jika ingin bisnis kita maju dan berkembang.

Menurut Fortune, sekitar satu dari empat pemimpin bisnis melihat lebih banyak karyawan yang melanjutkan WFH setelah negaranya sudah melonggarkan lockdown. Ini menunjukkan bahwa para pemilik usaha harus fokus mengatur kerja tim jarak jauh dari awal. Gunakan aplikasi kolaborasi tim seperti Trello, Slack, Microsoft Teams, dan Skype untuk komunikasi. Karena pasti ada kerja keras, perjuangan, dan kucuran keringat untuk bisa mencapai kesuksesan. Jika Anda saat ini masih bekerja di perusahaan orang lain, manfaatkan hal tersebut untuk belajar banyak hal.