Menu Close

15 Faktor Kegagalan Dalam Bisnis Atau Wirausaha

Kegagalan dalam berbisnis menjadi suatu hal yang wajar, mengingat dalam menjalankan suatu bisnis memang perlu beberapa proses yang mampu meraih kesuksesan. Kegagalan berbisnis bahkan bukan suatu hal yang selalu mendatangkan dampak buruk. Yang mana kegagalan pun dapat memberikan motivasi bagi pelaku bisnis untuk lebih giat dan memperbaiki kinerja berbisnisnya. Sehingga tentunya bisnis yang dijalankan akan semakin bangkit dari kegagalan dan menuju kesuksesan.

Hanya karena banyak orang yang memilih bisnis X, maka Anda juga harus memilih bisnis X meski Anda sebenarnya tidak menguasai. Hasilnya justru gagal di tengah jalan dan rugi dengan modal yang sudah Anda keluarkan. Sebaiknya hindari mengikuti bisnis yang hanya ikut-ikutan karena hal ini justru tidak akan bertahan lama seperti mengalami kegagalan. Jika Anda kurang mampu untuk mengelola keuangan bisnis Anda, hal ini merupakan salah satu faktor kegagalan dalam bisnis. Biasanya, saat suatu usaha dirasa telah berhasil dan balik modal, sejumlah pengusaha tanpa pikir panjang akan melakukan ekspansi besar-besaran. Tujuannya tentu supaya keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak.

Determinasi ini adalah tekad yang Anda miliki dalam menjalankan usaha tersebut. Wirausahawan yang sejati tidak serta merta menjadikan seluruh keluarganya adalan staf dari perusahaan/toko/usahanya. Karena hubungan yang terlalu cair dalam keluarga dapat menghilangkan kinerja fungsi stuktural yang seharusnya. Sehingga staf mempunyai daya tahan terhadap masalah yang timbul, karena beranggapan bahwa masalah adalah bagian dari proses berwirausaha. Hal lain yang menjadi penyebab kegagalan dalam wirausaha adalah lokasi kurang strategis yang tidak mendukung proses implementasi kewirausahaan kamu.

Tidak ada kepastian keberhasilan dalam berbisnis dan keuntungan dari sebuah kemitraan tidak bisa mengatasi kekurangan persiapan atau ide bisnis yang tidak layak. Tanpa tujuan dan rencana tertulis, anda seperti orang yang berjalan tanpa arah, hasilnya tentu juga tidak akan maksimal bahkan akan menjadi kacau. Selain itu, jika Anda selalu berpikir bahwa ilmu dan perlengkapan menjalankan bisnis web harus dengan yang gratisan maka kemungkinan besar bisnis Anda akan sulit berkembang. Memang ada layanan untuk berbisnis online yang bisa kita dapatkan secara free of charge, namun tentunya layanan tersebut memiliki batasan dan ketentuan yang membatasi kreativitas Anda. Oleh sebab itu kita perlu belajar dari pengalaman orang lain agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama saat menjalankan suatu bisnis.

kegagalan dalam bisnis

Dengan sikap setengah hati, kemungkinan gagal menjadi lebih besar. Selain itu, dengan rencana yang rinci dan matang, potensi kerugian yang nantinya akan Anda alami dapat diminimalisir agar usaha Anda dapat berjalan dengan maksimal dan lancar nantinya. GoFresh Supplier restoran & bahan baku segar untuk kebutuhan usaha kuliner Mitra Usaha Gojek. Ibarat kita akan berperang, kita harus mencari tahu tentang kondisi medan agar kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk dapat meraih kemenangan.